Wednesday, April 9, 2008
My Sister, Last Time and The Memories
Name : Bidhary Arum Citra Kusuma
Born : Semarang, 21 September 1987
Age : 20 Years
Religi : Islam
Sex : Women
Married : Not Yet/Single
School : - SD Negeri Ngesrep 01-02 Semarang
- SLTP Negeri 21 Semarang
- SMU Negeri 14 Semarang (just 1 years)
- SMU Negeri 9 Semarang
- D3 Universitas Diponegoro (FISIP - Public Relation)
Organization :
- Pembina pramuka (meneruskan langkahku) di SDN Ngesrep 01-02 (wkt SLTP)
- Paskibar Bendera SLTP 21 Semarang (Terakhir jadi ketua Paskibar)
- Semos'c Klub Vespa
- Mxit Semarang Club
- Beberapa kegiatan sosial yang lain yang tidak aku ketahui
Died : 5 April 2008
Diagnose: Hidrocepallus / Brain Cancer

Jumat, 4 April 2008.
Operasi yang ketiga, operasi ini memasang selang tambahan, karna selang sebelumnya tidak mencukupi untuk cairan yang ada diotak dapat mengalir dengan lancar. Dilaksanakan pagi hari jam 6.00 WIB, selesai jam 8.45 WIB (operasi hampir 3 jam). Tidak sadar diri setelah operasi karena masih adanya pengaruh obat bius, sampai sore mata terpejam terus tetapi nafas teratur, dimungkinkan karena masih ngantuk (karena semalam sebelum operasi tidak tidur). Di malam hari aku berusaha membuat adik q bangun tetapi tetap aja dengan pulasnya tidur sampai pagi.

Sabtu, 5 April 2008.
Dokter cek kondisi diwaktu subuh, masih belum bangun. Rencana mo di CT Scan untuk melihat kondisi yang sebenarnya, jam 8.30 dibawa ke ruang CT Scan. Di depan ruang CT Scan, "Dok, wajahnya pucat banget" kataku, "lho kok bisa begini, tadi gmn?". kata dokter, "Tadi wajahnya cerah, cepetan bawa ke ICU" pintaku. Langsung lari ke ruang ICU, entah itu masih ada ruang kosong ato tidak masa bodo yang penting ke ruang ICU. Di ICU beberapa dokter ma perawat sibuk melakukan CPR untuk mengembalikan detak jantung yang hilang, dan Alhamdulillah akhirnya balik lagi. Tetapi harus dengan alat Pacu Jantung untuk bisa bertahan, "Mas, ini batasannya adalah 6 jam. Kalau dalam 6 jam kedepan tidak ada perubahan, adik gak bisa sadar seterusnya" kata dokter. Alat yang terpasang adalah Detektor detak jantung, alat pacu jantung, selang pembuangan isi Lambung, dan beberapa obat yg dimasukkan via infus.
Jam 14.00 aku minta ibu buat tabah tuk liat kondisi adik yang sebenarnya diruang ICU, dengan kupandu masuk ruangan adikku. Seketika setelah melihat kondisinya ibu langsung menangis dan minta maaf serta memaafkan kesalahan adik q. Pada saat itulah aku melihat cairan dari lambung keluar dengan cepatnya melalui selang dan saat itu juga keluar kotoran. Aku berpikir, adikku di akhir hayatnya berusaha tuk membersihkan dirinya sendiri. Disaat itulah aku telpon kesana kemari, sodara2 ma beberapa temen kutelpon buat kasih kabar kalau adikku gak bakal tertolong. Jam 16.00 alat pacu jantung dilepas dan disaat itu kami semua hanya bisa berdoa dan menuntun adikku. Jam 17.15 dokter ICU menyatakan kalau adikku sudah tiada, disaat tiadanya adikku seakan bumi dan langitpun menangis dengan derasnya hujan yang turun.
Aku pulang dan kuputuskan untuk dikubur keesokannya harinya diwaktu pagi, ditempat terdekat. Jenazah dimandikan dan disholati dimalam itu juga, sedangkan paginya untuk upacara pemakaman dan sholat jenazah di Masjid.

Minggu, 6 April 2008
Gak tau bagaimana cepatnya kabar menyebar, di hari itulah aku melihat orang2 yang datang melayat banyak sekali. Langit di atas Ngesrep (tinggalku) cerah sekali tetapi di Banyumanik dan Jatingaleh (kelurahan tetangga) hujan deras, seolah langit memberikan kesempatan untuk mengantarkan ke liang kubur bagi pelayat yang notabene adalah orang2 yang mencintai adik q. Diwaktu menyeberang jalan raya kemacetan kurang lebih 2 km tuk menunggu pengantar menyeberang semua, dari Bukit Sari sampai Srondol (hampir separo dari panjangnya Jl. Setiabudi).

Beberapa hal yang membuat keluarga ikhlas karena adik q meninggal dengan Khusnul Qotimah (meninggal dengan baik), beberapa tanda diantaranya adalah :
1. Meninggal dengan tenang seolah-olah tidur yang berkepanjangan, lepas tanpa beban. Yang pasti kondisinya seperti orang tidur pulas.
2. Semua hal serasa mudah dengan sendirinya, mulai dari kotoran yang dikeluarkan sendiri, bantuan tetangga yang menjadikan semuanya beres, kemudahan dalam mengurus jenazah.
3. Di saat dinyatakan meninggal, langit menurunkan hujan dengan derasnya. Di saat pemakaman langit sangat cerah tanpa ada awan, seolah-olah memberikan kesempatan buat almarhumah langsung naik kelangit tanpa halangan. Disaat pemakaman barulah awan mulai berkumpul menjadikan suasana di makam menjadi teduh.
4. Tersenyumnya almarhumah saat berada di peti mati.
5. Pelayat dari berbagai kalangan yang datang sampai-sampai tetangga sampai heran, dengan membludaknya temen2 yang datang disamping tetangga, teman kerja bokap, teman kuliah dan teman kerja q.

Thanks to Ropik to give my Syster nice poem.
posted by Antony @ 1:02 PM  
5 Comments:
  • At April 9, 2008 at 5:19 PM, Blogger tarsio said…

    turut berduka cita mas antoni...

     
  • At April 9, 2008 at 5:24 PM, Blogger tarsio said…

    setidaknya adiknya ngga perlu tersiksa berlama-lama kan... ga ada selang lagi... ga ada obat-obatan lagi...

    sori kalo tersinggung... itu cuman menurut saya saja...

    btw rumahnya daerah banyumanik? sama dong...

     
  • At April 14, 2008 at 12:38 PM, Anonymous zee said…

    turut berduka cita ya. selama ini sy ngikutin kisah adiknya. & ternyata Yang Di Atas berkehendak lain.
    Tabah & ikhlas, semoga disana si adik jd lebih tenang & bahagia.. amin.

     
  • At April 15, 2008 at 9:12 AM, Blogger Antony said…

    Makasih Tarsio n Zee, q sekeluarga dah erima ikhlas kok. Cuma sejak hari pemakamam mpe sekarang q sakit blom sembuh. n ini dipaksain tetep masuk kerja.

     
  • At June 15, 2008 at 8:40 AM, Anonymous tokit said…

    turut berduka cita. semoga adik diterima di sisi allah. amin.

     
Post a Comment
<< Home
 
 
TEntANg qU
My Photo
Name:
Location: Semarang, Jawa Tengah, Indonesia

Aku adalah orang yang seperti ini, anugrah yang lebih dari cukup yang aku terima dari ALLAH SWT. Punya orang tua yang demokratis, dan aku sendiri adalah pribadi yang menarik meski penuh dengan misteri.

Yang LALU
POST Bulan
Status YM

Kadang invisible
TANGGAL-an

Linx Pren Gwa

My Cyber

  • My Profile
  • My Soulmate
  • X-UKMPCC POLINES

  • UKM PCC POLINES
  • Aldedi Prawedanet-Jakarta
  • Ropik Indosat
  • Hafidz StarOne-Semarang
  • Mas Bagus Leluhur PCC
  • Ripai LintasArta-Suroboyo
  • Wiharsono Setan Posko PCC
  • Mimin Eks-PCC
  • Momon sapa ya?
  • Others Pren

  • Siska-Jogja Bakul kaos
  • Ahmad Loenpia-Semarang
  • Tehsusu Zee
  • Alif-Cah Pati
  • Ayu Renggani
  • Mas Puguh Infoasia-Solo
  • Sebait Cerita-Melani
  • MASTEL Masalah Telematika
  • Blognya Novi
  • Colibri Software House
  • StarOne'ers Blog

  • Dian-tui
  • Delima
  • Adhis
  • Galz
  • Wahyu-Ndok
  • Uut-Perkutut
  • Septi
  • Neena Jaime
  • Chat BOX

    Affiliate Program

    Dapetin $6.00 Welcome Survey Setelah registrasi GRATIS!

    Tempat simpan file, aman dari virus dan kerusakan file. Dapet $$$ tiap kali file didownload

    Statistik Web-ku